header photo

Kamis, 28 Februari 2013

info seputar burung merpati

 burung merpati jawa atau didesa saya disebut " DERUK". ada beberapa informasi tentang burung merpati ini, burung merpati memiliki badan atau ukuran yang lumayan besar, burung merpati mudah dalam merawatnya karena burung merpati hanya mau makan beras sehingga tidak sulit, jika kita mempunyai 2 merpati / sepasang dalam satu sangkar maka dapat kita kembang biakkan, jika tiba musim kawin merpati akan membuat tempat untuk anaknya sendiri jadi kita perli mempersiapkanya seperti mengasih jerami agar dalam membuat tempat merpati lebih mudah. bahayanya jika tidak kita perhatikan burung tersebut jika telur sudah keluar dan tidak ada tempat untuk telur tersebut maka induknya akan memakan telurtersebut, jika tidak telur tersebut akan busuk untuk itu kita harus memperhatikanuya.
burung merpati dijual dengan harga 20-30rb jika sepasang bisa sampai 40-60rb. pupolasinya saat ini di bilang sudah agak punah karena jika kita pergi kesawah waktu panen, ternyata kita sulit melihat burung tersebut bergerombol, seharusnya jika musim panen dan saat itu padi melimpah kita seharusnya melihat burung merpati ini dalam jumlah nya banyak. kenapa tidak? dijaman sekarang banyak pemburu liar yang menjadikan burung merpati ini sebagai sasarannya, jadi populasi burung merpati dimasa ini berkurang.
pemburu liar seharusnya tidak menjadikan burung ini sebagai sasaran walau pun sedikit merugikan petani, namun manfaatnya banyak. jadi jika kita ingin memanfaatkan burung ini kita juga harus melestarikanya. jika berburu diatur dengan jenjang atau jangkawaktu.

0 komentar:

Poskan Komentar